Pulau Weh (Sumatera)

Panorama Titik Nol Kilometer, Pulau Weh


Pulau Weh atau We adalah pulau yang berada paling barat dari kawasan nusantara. Salah satu pulau yang terbentuk dari proses vulkanisme ini terletak di pulau Sumatera.

Merupakan pulau kecil yang lokasinya berada di pulau paling barat dari kepulauan yang ada di Indonesia, sebenarnya dahulu pulau weh ini masih menyatu dengan pulau Sumatra, akibat meletusnya gunung berapi pada zaman Pleistosen mengakibatkan pulau ini terpisah dari Sumatera.


Kegiatan menyelam di Pulau Weh adalah kegiatan rekreasi yang menyenangkan. Dengan dipandu penyelam yang berpengalaman dan instruktur menyelam siap menawarkan berbagai lokasi penyelaman seperti Taman Laut di Pulau Rubiah. Selain itu anda juga akan menemukan banyak hewan laut yang menyenangkan, terutama pari manta, hiu, paus, lumba-lumba dan penyu.


Tempat Para Hiu Besar & Katak Langka


Pulau weh terkenal dengan ekosistemnya. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik ke dalam maupun ke luar sebagai suaka alam. 




Hiu bermulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini.




Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam, Bufo valhallae (genus Bufo). 


Terumbu karang di sekitar pulau yang diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan.Namun tidak perlu khawatir karena hiu mulut besar adalah salah satu ikan hiu yang hanya ditemukan di Samudra Pasifik, Hindia dan Atlantik. Tidak ditemukan di laut-laut perairang dangkal. Walaupun hewan itu memang pernah terdampar di pantai Pulau Weh.


Kunjungi G-land & Grajagan untuk info lebih lanjut surfing dan pantai lainnya

Komentar